Cerita, Cita, Cipta, Karya, dan Kerja Kerasku.

Kamis, 02 April 2015

Azimut Matahari

Langkah Perhitungan
Penentuan Azimuth
Dengan Pengamatan Matahari



Pengukuran azimuth geografi dengan pengamatan tinggi matahari dapat dilakukan dengan cara ditadah, filter dan prisma roelofs. Pengamatan dilakukan dengan menempatkan penadah atau tabir, di belakang lensa okuler, penadah tersebut bisa sebuah kertas putih, sebagai layar yang menangkap bayangan matahari dan bayangan benang diafragma. Bayangan yang jelas dapat diatur sedemikian r-rpa dengan menekan tromol pengatur bayangan atau fokus.
  
 Gambar azimut matahari

 


Metode Tinggi Matahari
Data yang dibutuhkan pada penentuan azimuth metode tinggi matahari ini ialah
a.      Tinggi Matahari saat Pengamatan (h)
b.      Deklinasi Pengamat (δ)
c.       Lintang Pengamat (φ)
Alat yang dibutuhkan untuk memperoleh data di atas
a.       Teodolit
 b.      Statif
c.       Kaki tiga + unting-unting
d.      Arloji, Diset sesuai dengan UT
e.      Kertas kosong (HVS) untuk proyeksi bayangan matahari
f.        Formulir + alat tulis

 Langkah untuk mencari azimut matahari
1.       Dirikan alat ukur teodolit di atas titik BM1, lakukan sentering dan sumbu I vertikal.
2.    Teropong dalam posisi biasa . Bidikkan pada titik acuan BM2, baca piringan atau sudut horizontalnya lalu catat di formulir.
3.    Buka klem horizontal dan vertikal, arahkan teropong ke matahari pada posisi biasa dan gerakkan teropong sedemikian rupa hingga bayangan teropong berupa lingkaran pada kertas tadah yang berada di belakang lensa okuler.
4.   Kunci klem horizontal dan vertikal putar ronsel lensa sentral sehingga bayangan matahari pada kertas tadah menjadi tajam,dan jelaskan bayangan benang silang pada kertas tadah dengan memutar lensa okuler.
5.     Posisikan bayangan matahari pada salah satu kuadran (di usahakan posisi matahari di kuadran 1) dengan memutar sekrup penggerak halus horizontal dan vertikal secukupnya hingga bayangan matahari mendekati benang silang tegak dan mendatar.
6.     Tunggu Beberapa detik (bayangan matahari naik/turun). Pada saat bayangan matahari menyinggung benang silang horizontal dan vertikal. Baca piringan horizontal, vertikal dan waktunya lalu catat dalam formulir.
7.  Buat Sketsa lapangan serta Posisi Matahari di kuadran mana serta arah gerakan matahari.
8.     Buka klem horizontal dan vertikal, teropong diputar balik menjadi posisi luar biasa . Bidikkan kembali ke matahari.
9.    Posisikan bayangan matahari pada salah satu kuadran (di usahakan posisi matahari di kuadran 3) dengan memutar sekrup penggerak halus horizontal dan vertikal secukupnya hingga bayangan matahari mendekati benang silang tegak dan mendatar.
10.   Tunggu Beberapa detik (bayangan matahari naik/turun). Pada saat bayangan matahari menyinggung benang silang horizontal dan vertikal. Baca piringan horizontal, vertikal dan waktunya lalu catat dalam formulir

Perhitungan :






Sekian postingan kali ini semoga membantu :)
Share:

1 komentar:

  1. tips yang keren kak.. sanagat menarik. Terimakasih yaa.. ooo iya kak kalau ingin tahu cara membuat web . yukk disini saja.. terimakasih

    BalasHapus

Translate