Cerita, Cita, Cipta, Karya, dan Kerja Kerasku.

Kamis, 07 Agustus 2014

Pentingnya PPSMB UGM

Assalamualaikum, semua pembaca TentangAdi. Berdasarkan judul artikel ini, kita akan membahas mengenai “Pentingnya PPSMB UGM”, ya tentunya ini bagi Gamada (Gajdah Mada Muda). Pada tahun ini saya berkuliah di Universitas Gadjah Mada. Alhamdulillah saya lolos lewat jalur SBMPTN pada pilihan 2. Sekarang kita mulai membahas PPSMB itu. Ya pasti, yang pertama kali kita pikirkan adalah apakah PPSMB itu?

Definisi
PPSMB adalah Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru. Menurut Mathis (2002) definisi “Pelatihan” adalah suatu proses dimana orang-orang mencapai kemampuan tertentu untuk membantu mencapai tujuan tertentu. Sedangkan “Pembelajaran” adalah proses, cara, perbuatan menjadikan orang atau makhluk hidup belajar. “Sukses” adalah suatu impian atau tujuan yang kita inginkan telah tercapai dengan usaha dan kerja keras yang dijalani dalam hidupnya dalam mencapai kesuksesan dan keinginan tersebut berupa hal yang positif baik untuk diri sendiri dan orang lain.  Jadi PPSMB adalah rangkaian acara bagi mahasiswa baru untuk menjadi pembelajar yang sukses, unggul, cerdas, dan profesional di bidangnya, sekaligus kegiatan untuk mengenalkan kampus Universitas Gadjah Mada. Seperti yang telah kita ketahui, Universitas Gadjah Mada merupakan universitas negeri tertua dan terbesar di Indonesia yang memiliki 18 Fakultas dan 2 Sekolah (Pascasarjana dan Sekolah Vokasi). UGM memiliki jati diri sebagai universitas nasional, universitas perjuangan, universitas kerakyatan, universitas Pancasila, dan universitas pusat kebudayaan, dan memiliki ciri khas dan karakter, serta mengemban tugas untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan daya saing sumberdaya manusianya dalam menghadapi persaingan global. Dalam rangka mempersiapkan mahasiswa baru menjadi pembelajar yang sukses, unggul, cerdas, dan profesional di bidangnya, serta mampu bersaing dalam percaturan global maka diperlukan Pelatihan Pembelajar Sukses Bagi Mahasiswa Baru (PPSMB).

Sejarah
PPSMB Universitas Gadjah Mada mulai diperkenalkan sejak tahun 2008. Cikal-bakal pemikiran adanya PPSMB berangkat dari keprihatinan dan kebutuhan yang semakin mendesak untuk membangun kesadaran di antara mahasiswa Universitas Gadjah Mada supaya memiliki rasa kepedulian terhadap kehidupan kampus, toleransi, rasa kebangsaan, dan semangat belajar untuk menjadi mahasiswa sukses selama menimba ilmu di Universitas Gadjah Mada.  Secara lebih khusus gagasan PPSMB ini dilatarbelakangi oleh perlunya mempersiapkan dan memperkenalkan mahasiswa baru tentang kehidupan akademik, sejarah dan visi misi Universitas Gadjah Mada dan seluk-beluknya, sehingga mahasiswa diharapkan mampu beradaptasi dalam kehidupan yang baru menimba ilmu dan mengalami pengalaman yang baru di Universitas Gadjah Mada. Ya itulah sedikit sejarah dan latar belakang diadakannya PPSMB.
Pada PPSMB tahun 2012 diadakan Parade Pelangi Nusantara, yaitu para Gamada menarikan tari Sajojo di lapangan GSP dan membentuk formasi Kepulauan Indonesia. Pada PPSMB tahun 2013 diadakan Parade Nusantara membentuk kata Indonesia Raya dan Freeze Mob. Sedangkan tema PPSMB tahun 2014 ini adalah menyiapkan pemimpin muda yang Cerdas, Inspiratif, dan Berbudaya. Saya belum mengetahui apa yang akan dibuat pada tahun ini, semoga itu jauh lebih menarik lagi.


Tujuan
Tujuan diadakannya PPSMB adalah untuk membangun mahasiswa Universitas Gadjah Mada yang utuh yang memiliki karakter:
1.      Berkualitas
Menumbuhkan budaya akademik yang menunjang pengembangan kejujuran, tanggung jawab dan kematangan pribadi/kedewasaan sebagai mahasiswa dan tangguh sebagai bangsa Indonesia yang berbudaya dan beretika berlandaskan nilai-nilai Pancasila.
2.      Manusiawi
Mendorong mahasiswa agar memiliki motivasi kuat, abadi untuk berjuang serta berkorban untuk membangun dan mempertahankan kehormatan dan martabat.
3.      Bermartabat
Mengembangkan mahasiswa sebagai pemimpin muda yang berkarakter kebudayaan dan berdaya saing global.
Berdasarkan tujuan PPSMB diatas menurut saya tujuannya sangat bagus. Mengingat banyak OSPEK yang terkesan agak negatif, maka acaranya PPSMB hadir untuk menggantikan OSPEK tersebut sebagai kegiatan yang positif. PPSMB tersebut terdiri dari tingakt universitas dan fakultas. PPSMB tingkat universitas diberi nama PPSMB Palapa. Nama ini diambil dari sumpah palapa yang terkenal. Sedangkan PPSMB tingkat jurusan diberi nama sesuai fakultas gamada sendiri. Saya termasuk dalam fakultas teknik jadi saya mengikuti PPSMB Prisma.

Pentingnya PPSMB
Jika ditanya “PPSMB itu penting tidak sih?”, maka menurut pendapat saya PPSMB itu penting. Kenapa penting? karena kita sebagai mahasiswa baru kita dikenalkan lingkungan kampus, bertemu banyak teman baru dan persiapan untuk perkuliahan nantinya. Kita diberikan pengetahuan mengenai ke-UGM-an, di kembangkan softskill, diberika pengetahuan yang luas. Setelah mengikuti Kegiatan PPSMB Universitas Gadjah Mada diharapkan Gamada akan mempunyai:
  • Berkualitas
    • Terbentuknya mahasiswa UGM yang utuh yang memiliki nilai-nilai dan jati diri ke-UGM-an yang berkarakter kebangsaan dan berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila;
    • Mahasiswa memiliki kemampuan kepemimpinan dan komunikasi yang baik dalam konteks nasional dan internasional;
    • Terbentuknya jejaring kuat antar mahasiswa peserta PPSMB berwawasan interdisipliner;
    • Mahasiswa lebih tahu dan paham tentang prospek lulusan dan proses belajar mengajar di Perguruan Tinggi;
    • Mahasiswa memiliki bekal soft skills, yaitu living skills, learning skills, dan leadership skills, untuk bisa sukses dan mandiri dalam mengikuti perkuliahan atau proses belajar mengajar selama di Universitas Gadjah Mada;
    • Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dibidangnya, menguasai ilmu dan pengetahuan, serta profesional dalam bekerja.
  • Manusiawi
    • Mahasiswa lebih memiliki motivasi kuat dan abadi untuk berjuang serta berkorban untuk membangun dan mempertahankan kehormatan dan martabat.
  • Bermartabat
    • Mahasiswa memiliki bekal sebagai pemimpin muda yang berkarakter kebudayaan dan berdaya saing global.
    • Mahasiswa lebih memiliki kemampuan soft skills untuk dapat beradaptasi dan mengelola diri sendiri agar berjiwa mandiri,mempunyai jiwa entrepreneurship, adaptif, serta tanggap terhadap perubahan
OK kita sudah sampai dibagian yang terakhir. Semangat buat yang ikut PPSMB (termasuk saya) dijalankan dengan ikhlas dan sepenuh hati. Kerjakan dan ikuti rangkaian acara samapai selesai dan untuk penugasan dikerjakan dengan sebaik-baiknya. Itu untuk melatih kita untuk siap menghadapi dunia perkuliahan. Sukses butuh perjuangan. Selalu ingat (untuk yang satu angkatan) “Kalian tidak sendiri” kita seangkatan juga melakukan hal yang sama, OK. SEMOGA PPSMB besok berjalan sukses dan lancar!! #TeknikUGM14
Wassalamu'alaikum .
Share:

2 komentar:

  1. wuih keren blognya, aku dari dulu pengen punya blog belum kesampaian. Isinya top dah hampir g bisa ngomong lagi. Ngomong2 desain blognya bagus.

    BalasHapus
  2. syipp kaak,aku bentar lagi mau PPSMB nih :)
    salam dari aku adik tingkatmu ,
    gamada'19

    BalasHapus

Translate